Sunday, November 19, 2017

CARA TRADISIONAL MENGATASI PENYAKIT IKAN

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani !!!   Beberapa hari yang lalu maspary bertemu dengan petani ikan (pengusaha kolam ikan) yang berasal dari pabuaran. Karena lama nggak bertemu tentunya kita asyik ngobrol segala hal, termasuk berdiskusi masalah ilmu pertanian, pertenakan dan perikanan. Beliau banyak tanya masalah ilmu pertanian sedangkan saya banyak tanya masalah ilmu perikanan.

Ada satu ilmu yang aneh masalah perikanan yang saya dapat saat itu yaitu cara tradisional mengatasi penyakit pada ikan (sesuai judul artikel ini). Ilmu tersebut, menurut beliau sudah diterapkan sangat lama dan ampuh untuk berbagai ikan air tawar diantaranya lele, bawal, tawes, patin, nila, melem dan terutama gurami. Dan yang menarik, katanya resep ini lebih ampuh dibanding obat yang dibeli ditoko perikanan.

Menurut beliau ada musim-musim tertentu yang ikan sangat mudah sekali (rentan) terserang penyakit. Tetapi dengan resep tradisional untuk mengatasi penyakit ikan tersebut ikan-ikan di kolam beliau selalu sehat walau sedang musim wabah penyakit. Makanya banyak petani ikan didaerah tersebut yang heran dan bertanya kepada beliau.



Sebenarnya obat tradisional tersebut sangatlah mudah dan murah. Yaitu dengan cara mencari atap seng yang sudah karatan lalu kita taruh dijalan air masuk supaya setiap air yang masuk kekolam akan mengenai seng yang sudah karatan tersebut. Cuma sayang maspary belum sempat memfoto teknologi tersebut. Maspary sendiri nggak tahu hubungannya apa antara seng atap yang karatan tersebut dengan ikan. Mungkin juga zat kimia yang terkandung dikarat tersebut yang akan terkikis oleh air lalu terlarut selanjutnya akan membunuh jamur dan bakteri yang menyebabkan penyakit ikan tersebut. Atau juga zat pada karat yang sudah terlarut diair tersebut memberikan efek antibody pada ikan. Mungkin hal ini bisa menjadi materi yang menarik untuk para dosen atau mahasiswa untuk dijadikan bahan penelitian agar bisa terjawab misteri ini.




Bagi petani intinya adalah manfaatnya, daripada nggak ada solusi sama sekali tidak ada salahnya kalau cara mengatasi penyakit ikan tersebut dicoba. Oleh karena itu bagi pembaca yang percaya dengan hal tersebut silahkan dicoba saja. Apalagi sekarang obat penyakit ikan yang dijual ditoko juga nggak murah harganya. Dengan bahan yang sangat murah bahkan bisa dikatakan tidak berharga sama sekali akan berubah menjadi bermanfaat.

Mudah-mudahan artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi petani ikan. Serta bisa bermanfaat bagi penulis. Aamiiin....




Sukses Petani Indonesia !!


       

            Maspary



Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment