Saturday, November 25, 2017

MEMINDAHKAN POHON BESAR AGAR TIDAK MATI

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani !! Menanam tanaman buah atau tanaman hias yang bisa tumbuh besar sebaiknya mulai dari tanaman masih kecil. Hal ini bertujuan agar tanaman mendapatkan pertumbuhan yang baik dan memiliki perakaran yang kuar. Selain itu tajuk tanaman akan tumbuh bagus karena percabangan kita bentuk dari awal. Dan akhirnya ketika tanaman tersebut bisa berbuah kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Tetapi banyak diantara kita yang ingin memindahkan suatu tanaman buah atau tanman lain ketika tanaman tersebut sudah tumbuh besar. Mungkin karena terjadi perubahan perencanaan tata letak rumah atau mungkin karena kita ingin mengganti tanaman yang lama dengan yang baru. Hal ini juga biasa dilakukan oleh para penjual bibit durian, klengkeng, dan buah-buah lainnya. Selain itu tukang taman juga biasa menjual tanaman besar kepada konsumen sehingga mau tidak mau harus memindahkan tanaman besar yang sudah tumbuh subur ke lokasi baru.

Ternyata tidak semudah yang dibayangkan ketika kita akan memindahkan tanaman buah yang sudah besar agar tidak mati ke lokasi yang baru. Bukan hanya sekedar menggali, mencabut lalu memindahkan dan menanam kembali.

Berikut urutan tata laksana pemindahan tanaman besar agar tidak mati :
  1. Pastikan kondisi tanah disekitar perakaran cukup basah. Jika terlalu kering silahkan disiram dulu.
  2. Gali melingkar sedalam perakaran pohon tersebut dengan diameter sekitar 1 meter jika tanaman benar-benar besar. Jika masih agak kecil bisa menyesuikan. Biarkan akar tunggangnya tetap menancap ke dalam tanah 
  3. Beri bantuan penopang dengan bambu agar tanaman/ pohon tersebut tidak roboh
  4. Bungkus perakaran yang tersisa dengan karung agar tanah tidak rontok.
  5. Biarkan tanaman dengan kondisi tersebut selama satu bulan, agar tanaman terbiasa dengan kondisi stress.
  6. Setelah satu bulan baru potong akar tunggangnya, yang biasanya berukuran lebih besar dan menancap lurus kebawah.
  7. Pindahkan kelokasi baru yang akan kita gunakan untuk menanam pohon tersebut.
  8. Jangan lupa sebelum kita memindahkan pohon tersebut sebaiknya kita telah membuat lobang tanam yang telah diberi pupuk kandang atau kompos.
  9. Setelah tanaman tertanam lagi sebaiknya diberi penopang dengan bambu atau kayu agar tidak roboh.

Informasi tersebut saya peroleh dari teman saya yang biasa menjual bibit durian didaerah  kemranjen kabupaten Banyumas. Untuk memindahkan tanaman tersebut sebaiknya cari waktu yang tepat yaitu saat awal musim hujan. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi setres tanaman karena keringnya musim kemarau.



Demikian cara memindahkan tanaman atau pohon yang sudah besar ke lokasi yang baru, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua baik di dunia maupun di  akherat.

Sukses Pertanian Indonesia !!




                 Maspary
Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment