Sunday, January 7, 2018

TEHNIK MEMPERCEPAT PERTUMBUHAN TANAMAN DENGAN DOA

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani !!  Kalau dilihat dari judulnya pasti terlihat aneh ya dan saya yakin ada yang kurang percaya dengan judul tulisan maspary kali ini. Tetapi jangan salah tulisan yang akan maspary sampaikan kali ini sudah diuji oleh salah satu dosen pertanian UNSOED (Universitas Jenderal Soediman Purwoketo). Cuma karena pelatihan tersebut sudah sangat lama jadi maspary lupa siapa nama dosen tersebut.

Pada prinsipnya bahwa faktor pertumbuhan tanaman itu sebenarnya bukan hanya ditentukan oleh pupuk, tanah, iklim, jenis tanaman dan faktor-faktor natural lainnya akan tetapi juga ditentukan oleh faktor non fisik atau faktor supra natural. Oleh karena itu seringkali kita melihat tanaman yang sama, dipupuk dengan pupuk yang sama, ditanam ditempat yang sama tetapi hanya karena yang menanam beda orang hasilnya bisa berbeda. Hal itu disebabkan faktor non fisik atau  kemampuan supra natural petani tersebut. Yang maspary maksud bukan klenik atau perdukunan tetapi merupakan kekhusukan/ keseriusan doa petani tersebut meminta kepada Alloh SWT agar tanamannya bisa tumbuh subur dan bisa panen dengan maksimal.

Seperti yang maspary tulis di alenia pertama diatas, bahwa dulu ada dosen UNSOED Purwokerto yang telah mengadakan penelitian dengan tema efek doa terhadap pertumbuhan tanaman. Beliau menanam beberapa tanaman untuk penelitian (kalau nggak salah kacang hijau). Lalu dirawat seperti biasa, cuma bedanya ada beberapa tanaman yang didoakan setiap hari dan ada yang tidak didoakan. Hasilnya ternyata sangat mencengangkan, tanaman yang dirawat dan dikasih doa setiap hari memiliki daya kecambah dan pertumbuhan tercepat dibanding dengan tanaman yang tidak didoakan. Waktu itu beliau mendoakan dengan ayat-ayat Alquran.

Apa yang maspary tulis diatas juga sesuai dengan tulisan hasil praktikum dari Imami Diyah Puspita yaitu bahwa air yang diberi doa baik akan memberikan pertumbuhan tanaman yang bagus sebaliknya air yang diberi doa buruk akan membuat tanaman kering dan mati. berikut hasil pembahasannya :
" Berdasarkan dengan sumber yang telah kita ketahui tentang penelitian air bahwa jika air di perlakukan dengan baik maka air tersebut juga akan memberikan hal yang baik atau bermanfaat. Sebaliknya jika air tersebut diperlakukan tidak baik atau semena-mena pastinya air tersebut juga akan menjadi buruk dan rusak. Di dalam tubuh makhluk hiduppun juga terkandung banyak air dan pastinya jika diperlakukan seperti penelitian tersebut juga akan berlaku sama adanya. Jadi untuk penelitian kali ini saya mengambil tanaman sebagai objek penelitian karena pastinya didalam tanaman itu juga banyak terkandung air ". 






Ayat Alquran terbukti dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah menjelaskan mengenai fakta ini. Seorang dosen dan peneliti dari sebuah negara Arab memiliki sejumlah hasil karya penelitian teoritis maupun praktis di bidang fisiologi tumbuhan. Ia sangat terkenal luas di Timur Tengah, bahkan dunia internasional.

Ia juga dikenal dengan sejumlah eksperimen yang spektakuler. Salah satunya mengenai bukti bahwa bacaan ayat Alquran memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Dalam buku 'Sains dalam Alquran' disebutkan, tumbuhan seperti benda-benda langit dan makhluk-makhluk Allah lainnya yang bisa merasa, mendengar, dan bereaksi positif maupun negatif terhadap pengaruh dan lingkungan di sekitarnya. 


Peneliti melakukan serangkaian eksperimen di laboratorium Fakultas Sains pada 1997. Dia membuat empat kotak berbahan plastik yang sama ukurannya, dan masing-masing diisi dengan sejumlah tanah yang ditanami bibit gandum dari jenis tertentu. Bibit tanaman itu lalu diberi pupuk dan diairi dengan kadar yang sama. Berikutnya, peneliti meminta salah satu mahasiswanya untuk membacakan sejumlah Surah Alquran, yakni Surah Yasin, Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan Ayat Kursi. Mahasiswa membacakan surah tersebut dua kali seminggu untuk tanaman yang ada di kotak pertama. Seorang mahasiswa lain yang lain ditugaskan membawa setangkai tanaman dua kali seminggu untuk dikoyak-koyak dan dipotong-potong tangkainya sambil diiringi kata-kata kasar yang tak patut. Satu mahasiwa lagi mendapat tugas memukul-mukul tanaman yang ada di kotak ketiga lalu membakar dan mencacah daun-daunnya sampai lumat. Itulah tiga sampel tanaman yang diperlakukan berbeda-beda. 

Dalam suatu seminar ilmiah, peneliti tersebut melaporkan hasil temuannya bahwa bibit tanaman di kotak pertama yang dibacakan Alquran, tumbuh dan berbuah 44 persen lebih baik daripada bibit tanaman yang dibiarkan tumbuh alami dan teratur di kotak keempat. Selain itu, tanaman di kotak kedua yang didekatkan dengan perlakuan kasar dan di kotak ketiga yang diperlakukan tak sepatutnya tumbuh 33 persen lebih rendah dan kualitas buahnya 80 persen lebih buruk.

Jika seorang mukmin bercocok tanam sambil membaca Alquran dengan jiwa yang tenang dan selalu mengingat Allah, maka hasil pertaniannya pun akan berlimpah. Ayat Alquran mengungkap bahwa Bumi beserta semua yang ada di dalamnya pun bertasbih kepada Allah.
"Langit yang tujuh, Bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun," Surah Al-Isra' Ayat 44. "Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya," Surah Ar-Rahman Ayat 6.


Karena faktor keberhasilan bertani sebenarnya bukan hanya ditentukan faktor teknis yang bisa dinalar dan dilogika akal saja tetapi juga ditentukan oleh faktor doa dan keberuntungan oleh karena itu bagi para petani maspary sarankan agar tak lupa berdoa atau mendoakan tanamnnya agar bisa tumbuh sehat normal dan bisa berproduksi secara maksimal.  Sekali lagi jangan hanya mengandalkan kebagusan tanah, pupuk, air, iklim, genetik tanaman saja tetapi tetap harus bersandar dan pasrah kepada Tuhan karena Tuhanlah penentu segalanya. 

Artikel tentang doa dan aspek spiritual bertani juga maspary tulis lebih lengkap di BUKU BERTANI ANTI GAGAL yaitu buku terlengkap yang membahas berbagai aspek keberhasilan bertani. Buku tersebut sangat penting dibaca oleh para petani, penyuluh pertanian, babinsa pendamping petani dan para praktisi pertanian lainnya.


Sukses Petani Indonesia !!!


         Maspary

Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment