Tuesday, February 6, 2018

10 JENIS JAMBU AIR TERPOPULER DI INDONESIA

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Jambu air adalah salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut maspary gerbang pertanian selain rasanya yang manis, kesegaran jambu air sangat menjadi lidah selalu ketagihan. Katanya, jambu air itu berasal dari daerah Indo-Cina dan Indonesia ini terbukti dari banyaknya jenis jambu air yang tumbuh subur di Indonesia. Bukan hanya jenisnya tetapi memang tanaman jambu air sangat banyak ditemukan di daratan nusantara ini.
 

Jambu air berbentuk seperti lonceng di bagian ujungnya terdapat mahkota atau kelopak buah. Warna buah ini beragam mulai dari putih, hijau, hijau kekuningan, merah muda, merah terang, hingga merah gelap. Kulit bagian luarnya mengkilap seperti dilapisi lilin. Daging buahnya berwarna putih mengandung banyak air dan permukaan bagian dalamnya seperti busa.

Sejarah Jambu Air
 

Jambu air adalah tanaman buah tropis yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Nama jambu air digunakan untuk menyebut dua tanaman yang memiliki spesies berbeda, yakni Syzygium aqueum dan Syzygium samarangense. Kedua tanaman tersebut memiliki bentuk pohon dan buah yang mirip, sulit dibedakan awam.
 

Sebutan yang lebih tepat untuk jambu air sebenarnya dialamatkan pada S. aqueum, sedangkan S. samarangense lebih tepat disebut jambu semarang. Namun di masyarakat umum kedua buah tersebut sering dianggap sama. Bahkan pada beberapa varietasnya sangat sulit dibedakan.
 

Tanaman jambu air sangat banyak jenisnya, namun yang sangat populer di Indonesia hanya beberapa jenis saja. Kepopuleran ini terutama berhubungan dengan selera masyarakat Indonesia. Jambu air yang populer terutama yang memiliki rasa manis dengan esense khas yang akan meningkatkan kesegarannya.
 

Inilah 10 jenis jambu air yang paling populer di Indonesia saat ini :

  1. Jambu Air Bajang Leang. Jambu Bajang Leang merupakan salah satu jenis jambu air yang paling banyak di cari oleh penggemar buah jambu air, bentuknya yang super besar dengan warna yang menarik serta rasa yang menggiurkan, membuat para penikmat jambu ini tidak bisa berpaling darinya. Ditambah lagi buahnya memiliki kandungan air yang tinggi, semakin membuat jatuh hati pada jambu yang satu ini. (GAMBAR 1)
  2. Jambu Air Cincalo Merah. Jambu Cincalo Merah merupakan salah satu varietas jambu air unggulan dengan daging buah yang tebal dan padat, ditambah lagi, rasa buahnya yang manis dan menyegarkan. Keunikan lain dari jambu cincalo ini adalah bentuk buahnya yang unik memanjang seperti lonceng, tetapi tidak gemuk membulat di bagian tengahnya sehingga dari pangkal ke ujungnya tampak lurus. (GAMBAR 2)
  3. Jambu Madu Deli Hijau. Jambu Madu Deli Hijau adalah jambu air madu yang berwarna hijau yang memiliki tingkat kemanisan yang luar biasa. Jambu madu hijau juga tidak memiliki biji didalamnya dan memiliki daging yang rapuh yang membuat lezit saat dimakan. pohon jambu madu deli hijau mampu menghasilkan buah yang lebih lebat walau memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jambu madu lainnya. Keunggulan lain dari jambu mdu deli hijau adalah sifatnya yang genjah, cepat berbuah. bayangkan saja, jika bibit yang ditanam itu berumur 3-4 bulan mulai pencangkokan yang biasanya memiliki tinggi sekitar 60-70 cm, maka ia akan berbuah pada umur 8-9 bulan dengan perawatan yang standart. (GAMBAR 3)
  4. Jambu Madu Kesuma Merah. Jambu Kesuma Merah adalah salah satu jambu madu air unggulan yang memiliki buah berwarna merah, Buah kesuma merah memiliki daging yang tebal, bahkan saking tebalnya lubang bijinya hampir tidak ada, sehingga dagingnya padat dan sangat rapuh. Kunggulan lain dari jambu kesuma merah adalah memiliki tingkat kerapuhan yang sangat tinggi, kerapuhan inilah kerapuhan terkadang membuat kita sulit untuk memecahkan jambu ini ketika ingin dimakan. Tanaman buah jambu kesuma merah ini memiliki waktu yang lebih lama berbuahnya, hal ini dikarenakan pohonnya yang besar dibandingkan dengan jambu madu deli hijau. pohon jambu kesuma merah akan mulai berbuah pada usia 13-15 bulan.(GAMBAR 4)
  5. Jambu Madu Super Green (Jambu Madu Super). Jambu Madu Super Green merupakan varietas unggulan dari tanaman buah jambu air dengan keunggulan ukuran buahnya yang sangat besar. bayangkan saja, besarnya jambu madu ini dapat mencapai ukuran satu botol aqua gelas, kalau ditimbang beratnya 1 kg 4 buah. Meskipun memiliki ukuran buah yang besar, untuk soal rasa, jambu super green memiliki rasa yang super manis. jika anda memakan jambu madu Super Green ini maka manisnya akan terasa dari atas sampai ke bawah. Tanaman buah jambu super green akan mulai belajar berbuah pada usia 1-2 tahun sejak penanaman. pohon jambu super green menghasilkan yang besar-besar sehingga tidak selebat jambu madu Deli Hijau, tetapi karena pohonnya terbilag lebih besar maka jambunya juga dapat berbuah dengan banyak.(GAMBAR 5)
  6. Jambu Air Camplong. Jenis jambu air ini merupakan salah satu jenis buah unggulan dari Provinsi Jawa Timur. Jambu air camplong memiliki warna putih mengkilat serta daging buah yang tebal. Berbeda dengan jenis jambu air degus yang memiliki biji. Jenis jambu air camplong tidak memiliki biji. Rasanya pun manis dan segar. Berat buah rata-rata 80-100 g/buah. Buah ini bersifat musiman. Masa panen buah ini sekitar bulan Juli-Agustus.(GAMBAR 6)
  7. Jambu Air Citra. Jambu Air Citra merupakan salah satu jambu air unggulan yang memiliki ukuran buah besar, ditambah dengan rasanya yang super manis. pohon jambu air citra dapat berbuah sebanyak 3 kali. Keunggulan lainnya adalah tanaman buah jambu air citra tergolong gampang untuk di budidayakan tak perlu memakan waktu lama untuk panen. Tanaman jambuair citra mulai belajar berbuah pada usia 2 tahun ke atas jika panen pada musim hujan maka rasa manisnya akan sedikit luntur hal itu dikarenakan struktur gabus yang ada pada jambu yang menyerap air terlalu banyak. Tanaman ini dapat ditanam di mana saja pada saat musim kemarau jambu ini bisa tumbuh baik hal itu ditandai dengan rasanya yang lebih manis ketimbang saat musim hujan, jadi intinya semakin lama musim kemaraunya akan semakin manis juga rasanya. (GAMBAR 7)
  8. Jambu Air Delima. Jambu delima merupakan varietas unggulan buah khas dari Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Jambu delima memiliki keunggulan daging buahnya yang renyah dan mengandung banyak air, ditambah lagi, rasanya yang manis mirip dengan kerabatnya jambu citra. (GAMBAR 8)
  9. Jambu Bol Jamaika. Jambu Bol Jamaika merupakan salah satu jenis jambu air unggulan yang memiliki ukuran buah yang besar. Satu buah jambu bol jamaika bisa mencapai ukuran segenggaman tangan orang dewasa. Daging buah jambu bol jamaika tergolong tebal. Ketika pertama kali menikmati enaknya buah jamaika pastinya akan ketagihan karena memang rasanya nikmat dan daging buahnya sangat manis mengandung banyak air yang juga dapat menghilangkan rasa haus anda Tanaman buah Jambu Bol Jamaika ini juga cocok dijadikan sebagai hiasan yang mana bunga ketika masa berbuah tanaman ini akan mengeluarkan mayangnya yang berwarna pink lebat sehingga pohon terlihat berubah warna begitupun di bawah pohon yang bekas rontokannya mirip-mirip di korea gitu.(GAMBAR 9) 
  10. Jambu Air King Rose. Jambu air king rose merupakan salah satu varietas jambu air unggulan dengan keunikan dengan warnanya yang merah legam seperti bunga mawar. Ukuran buah jambu ini juga dikategorikan jumbo yakni bisa mencapai berat sekitar 200 – 350 gram per buahnya. Buah jambu air king rose memiliki rasa yang tak kalah dengan jambu super green. rasanya sangat manis dan segar dengan kadar airnya cukup tinggi dan lebih hebatnya lagi buah jambu air king rose biasanya tidak memiliki biji.(GAMBAR 10)
 
JAMBU AIR BAJANG LEANG (GAMBAR 1)


JAMBU AIR CINCALO MERAH (GAMBAR 2)

JAMBU MADU DELI HIJAU (GAMBAR 3)

JAMBU MADU KESUMA MERAH (GAMBAR 4)

JAMBU MADU SUPER GREEN (GAMBAR 5)

JAMBU AIR CAMPLONG (GAMBAR 6)

JAMBU AIR CITRA (GAMBAR 7)

JAMBU AIR DELIMA DEMAK (GAMBAR 8)

JAMBU BOL JAMAIKA (GAMBAR 9)

JAMBU AIR KING ROSE (GAMBAR 10)


Dari 10 jenis jambu air tersebut masing-masing memiliki rasa yang khas. Masyarakat memiliki selera sendiri-sendiri, sehingga biasanya setiap daerah memiliki tanaman jambu air unggulan masing-masing. Karena selain disebabkan rasa dan selera, ternyata tanaman jambu air juga memiliki ragam adaptasi terhadap wilayah Indonesia. Sehingga biasanya jambu air memiliki kecocokan tumbuh dan berkembang didaerah tertentu, dan kurang cocok didaerah lainnya.
 

Demikian artikel tentang jambu air terpopuler di Indonesia saat ini dari maspary Gerbang Pertanian, semoga bisa bermanfaat untuk memajukan perbuahan tanah air Indonesia. Semoga para petani Indonesia semakin semangat menanam tanaman jambu air yang merupakan tanaman asli Indonesia. Semoga buah jambu air bisa semakin populer di Indonenesia dan bahkan dunia, bisa menyaingi durian dan anggur serta klengkeng.

Sukses Petani Indonesia !!
      

             Maspary

Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment