Sunday, February 18, 2018

10 JURUS CARA MEMBUAHKAN JAMBU AIR

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani !!  Beberapa kali postingan yang lalu maspary di blog Gerbang Pertanian  ini telah memosting tentang jambu air. Dan untuk kali ini maspary juga masih akan melanjutkan postingan yang lalu dengan tema 10 jurus tehnik membungakan jambu air.  

Ada bermacam-macam teori  dan cara untuk membungakan/ membuahkan jambu air baik dengan cara alami maupun dengan cara pemberian bahan tambahan. Namun pada intinya tehnik membuahkan jambu air adalah untuk merubah fase vegetatif (pertumbuhan batang dan daun) menjadi fase generatif (pertumbuhan bunga dan buah). Sebenarnya 10 cara membuahkan jambu air ini bisa juga kita terapkan pada tanaman yang lainnya, namun biasanya suatu jenis tanaman memililiki kecocokan cara tersendiri. 

JAMBU AIR BERBUAH LEBAT

  1. Jurus  kesatu. Penggunaan campuran air kelapa, rebusan kentang, olahan ikan dan difermentasi dengan EM4. Dengan cara ini tanaman akan menjadi subur dan bunga juga akan muncul bunga.
  2. Jurus kedua. Pemberian minyak ikan utk memacu hormon auksin dan gibberelin yg akhirnya memacu timbul bunga dan buah. Telah kita ketahui bersama bahwa hormon auksin dan giberelin bisa memacu pembungaan tanaman.
  3. Jurus ketiga. Dengan cara perlakuan stress air atau tdk disiram  sampai daun layu. Setelah tanaman menunjukkan gejala layu baru disiram dan dipupuk dgn pupuk NPK yg kandungan P dan K tinggi. Ini adalah jurus dasar dan perlakuan paling umum untuk semua tanaman. Namun cara ini paling cocok  untuk tanaman jambu air di dalam pot (tabulapot).
  4. Jurus keempat. Pemasangan ring pada cabang yg ingin dibuahkan. Tujuannya sama. Memutus aliran air ke daun, sehingga menstimulasi seakan akan kemarau tiba sehingga jambu air mau berbunga.
  5. Jurus  kelima. Dengan cara pemangkasan akar serabut. Pohon dicabut dan bola akar terluar dipangkas, kemudian ganti media tanam dan dipupuk pupuk buah. Namun cara ini khusus untuk tanaman yang berada dalam pot, kalau untuk tanaman di tanah sebaiknya jangan dilakukan karena bisa menyebabkan tanaman mati. 
  6. Jurus keenam. Dengan pemberian  ZPT (Zat Pengantar Tumbuh) buatan kombinasi auksin dan GA3 dgn konsentrasi tertentu. 
  7. Jurus ketujuh. Dengan cara media tanam diganti coco peat, sekam bakar, pupuk kandang (bisa juga diganti dengan bokashi) dan tanah liat. Cara ini khusus untuk jambu air dalam tabulapot juga. Menurut org Mekarsari ini media plg cocok utk tanam jambu air.
  8. Jurus kedelapan. Dengan menggunakan lengkeng booster yg terdiri 2 macam pupuk. Satu utk merontokkan seluruh daun dan setelah rontok pupuk kedua berfungsi memunculkan pucuk baru dan bunga. Menggunakan lengkeng boster atau jenis lainnya juga harus hati-hati karena juga bisa menghentikan pertumbuhan tanaman atau bahkan bisa mematikan tanaman.
  9. Jurus kesembilan. Penggunaan hormon penghambat jenis Packlobutrazol yang paling ampuh utk membuahkan mangga dan durian di luar musim atau mangga yg mogok tahunan tdk berbuah. Namun harus sangat hati-hati dalam menggunakan hormon ini karena bisa mematikan tanaman jika terlalu banyak.
  10. Jurus kesepuluh. Dicacah batangnya (batangnya dilukai menggunakan pisau, golok atau parang sampai kena kambiumnya). Hal ini bertujuan untuk memutus jalur air ke daun (namun maaf cara ini kurang benar karena bisa menyebabkan infeksi pada batang sehingga tidak dilakukan atau sebagai jurus terakhir saja).
Dalam prakteknya, untuk membungakan dan membuahkan jambu air tersebut bisa dilakukan secara kombinasi jadi tidak hanya dilakukan secara tunggal. Sebagai contoh adalah kombinasi antara stress  air dan pemberian minyak ikan dan pupuk K dan P tinggi.  Contoh yang kedua adalah dengan pemberian paclobutrasol dan pupuk K dan P tinggi. Jadi silahkan berkreasi dan tentukan kira-kira yang termudah dan teraman yang mana untuk kita lakukan pada tanaman jambu air kita.
 
Harapan maspary, semoga artikel sederhana yang berjudul 10 jurus cara membuahkan jambu air ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan Gerbang Pertanian yang membaca artikel ini. Dan tentunya juga bisa bermanfaat bagi maspary juga baik di dunia maupun diakherat.



Sukses Petani Indonesia !!
        

              Maspary

Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment