Saturday, February 3, 2018

APA KANDUNGAN JAMBU AIR DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN TUBUH DAN KULIT??

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tani !!! Buah yang paling segar dimulut dan nyaman diperut menurut maspary adalah jambu air. Jambu yang memiliki jenis macam-macam ini juga memiliki cita rasa yang berbeda-beda pula. Ada yang manis segar ada pula yang rasanya cenderung agak asam.

BUAH JAMBU AIR YANG MENGANDUNG BANYAK VITAMIN DAN GIZI


Jambu air juga memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Dalam setiap 100 gr jambu air mengandung kilojoule 192 kj, kalori 46 kkal, lemak 0,27 gr (lemak jenuh 0,035 gr, lemak tak jenuh ganda 0,052 gr, lemak tak jenuh tunggal 0,03 gr, kolesterol 0 gr), protein 0,5 gr, karbohidrat 11,66 gr, serat 1,3 gr, gula 7,97 gr, sodium 0 gr, kalium 126 mg. Jambu air juga mengandung kalsium 29 mg, zat besi 0,07 mg, magnesium 5 mg, phosporus 8 mg, potasium 123 mg, zink 0,06 mg, copper 0,016 mg, mangane 0,029 mg, vitamin C 22,3 mg, thiamin 0,02 mg, riboflavin 0,03 mg, niacin 0,8 mg, serta vitamin A rae 17 mcg_rai.

Selain memiliki rasa manis dan menyegarkan, ternyata buah jambu air memiliki manfaat untuk kesehatan dan kulit. Berikut beberapa manfaat dari buah jambu air yang kamu dapatkan jika mengkonsumsinya.

  1. Mengendalikan Diabetes. Di dalam jambu air terkandung Jambosine yaitu jenis alkaloid yang telah terbukti dapat mengkonversi pati menjadi gula. Hal ini merupakan penemuan yang sangat menggembirakan untuk para penderita diabetes. 
  2. Menyehatkan Pencernaan. Kandungan serat yang terkandung dalam buah jambu air sangat bermanfaat untuk tubuh agar lebih mudah mengatur perjalanan melalui saluran pencernaan dan juga dapat menghilangkan rasa sembelit.
  3. Bisa Menyehatkan Jantung. Nutrisi dan serat yang ada pada jambu air merupakan kombinasi yang bagus untuk mengendalikan kadar kolesterol. Dalam studi penelitian, kemungkinan lebih rendah dari aterosklerosisi dari jambu air. Sehingga dapat mencegah kardiovaskular seperti jantung koroner, stroke dan serangan jantung.
  4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Komponen stabil dan aktif yang terdapat pada buah jambu air telah dikaitkan dengan efek antimikroba dan anti jamur. Dan penelitian telah menunjukan bahwa hal tersebut dapat melindungi kulit dari pengembangan berbagai infeksi yang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh terhadap penyakit karena infeksi.
  5. Dapat Mencegah Kanker. Di dalam jambu air terdapat vitamin A dan vitamin C. Nutrisi yang terdapat dalam jambu air dapat dibuat sebagai pencegahan sekaligus pengobatan kanker yang efektif. Menurut penelitian dan pengobatan tradisional menyatakan bahwa kanker payudara dan kanker prostat dapat berkurang dengan menambahkan jambu air untuk diet.
  6. Mencegah Dehidrasi. Buah jambu air merah juga sama seperti buah yang banyak mengandung air lainnya yakni semangka yang sangat baik dikonsumsi saat tubuh lemas, haus, capek dan juga dehidrasi. Kandungan serat yang ada pada buah ini juga akan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga juga sangat baik dikonsumsi saat menjalani diet.
  7. Meningkatkan Kesuburan Pria. Kandungan vitamin C tinggi pada buah ini juga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pada pria yang akan bekerja sebagai antioksidan sehingga akan menjaga kesehatan sel tubuh dan juga sperma yang sudah rusak.
  8. Menyehatkan Mata. Jambu air merah juga akan melindungi sekaligus menyehatkan mata saat mata mengalami kelelahan saat berada terlalu lama di layar komputer, menonton, bermain game dan lainnya. Vitamin A pada buah ini akan mengatasi berbagai masalah mata akibat kelelahan tersebut.
  9. Meremajakan Kulit. Tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, namun jambu air merah juga sangat berguna untuk kecantikan seperti merawat dan meremajakan kulit anda. Kandungan vitamin C didalamnya juga akan membuat tubuh bisa tahan dari serangan berbagai penyakit.
  10. Menghilangkan Bengkak. Tidak hanya dikonsumsi, buah jambu air merah juga bermanfaat untuk meredakan bengkak yang terjadi di tangan, kaki dan beberapa bagian tubuh lainnya. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa daging buah lalu langsung dibalurkan pada bengkak. Efek dingin yang dihasilkan akan membuat kulit lebih terasa nyaman, rileks dan cepat sembuh.
  11. Mencegah Infeksi Kulit. Dalam buah ini mengandung senyawa anti mikroba dan juga anti inflamasi yang sangat baik sehingga kulit akan terhindar dari infeksi dan juga alergi saat terjadi kontak dengan beberapa faktor eksternal dari lingkungan.
  12. Mencegah Osteoporosis. Buah ini juga bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi yang terjadi di persendian. Kalsium dan mineral yang terkandung dalam buah jambu merah ini juga akan memperkuat tulang sehingga terhindar dari salah satu masalah tulang yakni osteoporosis seiring dengan terus bertambahnya umur anda.
  13. Menyembuhkan Sore Eyes. Sore eyes atau sakit mata dan area yang berada disekitar mata yang terjadi karena cidera ringan juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah ini sebab mengandung vitamin A dan beberapa nutrisi lainnya yang memiliki sifat anti inflamasi.
  14. Meningkatkan Kemampuan Kognitif. Dengan penelitian yang sudah dilakukan juga memberi bukti jika buah jambu air merah sangat baik adalah meningkatkan kemampuan kognitif manusia karena mengandung vitamin B kompleks yang akan diserap tubuh dan memberikan nutrisi pada jaringan saraf, otak dan juga tulang belakang.
  15. Membersihkan Racun Pada Hati dan Ginjal. Organ hati dan juga ginjal yang termasuk ke dalam organ ekskresi ini bisa bekerja lebih baik dalam membersihkan berbagai zat beracun dengan mengkonsumsi buah berair ini secara rutin. Berbagai zat beracun ini kemudian akan dibersihkan saat ekskresi sedang berlangsung.
  16. Menghambat Penuaan Dini. Komponen terpenting dalam antioksidan adalah vitamin C yang bisa anda dapatkan dalam buah jambu air merah sehingga terhindar dari berbagai tanda penuaan dini seperti kulit kusam, keriput, garis garis halus dan lainnya.
  17. Meregenerasi Kulit. Agar proses regenerasi bisa semakin maksimal, maka dibutuhkan vitamin dan juga mineral yang bisa anda dapatkan dari buah ini. Selain itu, sel sel kulit mati tidak akan menumpuk pada jaringan kulit.
  18. Mencegah Kambuhnya Epilepsi. Dari penelitian yang sudah dilakukan untuk buah jambu merah ini juga membuktikan jika buah ini juga bermanfaat untuk mencegah kambuhnya epilepsi sebab mengandung banyak mineral penting seperti contohnya magnesium dan mangan.
  19. Menyehatkan Ibu Hamil. Kandungan vitamin A pada buah ini juga sangat berguna jika dikonsumsi oleh ibu dalam masa kehamilan seperti menjaga kesehatan mata, meningkatkan fungsi sel darah putih dan juga anti virus sehingga sistem imun tubuh ibu hamil bisa lebih ditingkatkan.
  20. Meningkatkan Kecerdasan Ibu hamil dan Janin. Mengkonsumsi jambu air merah secara rutin juga sangat membantu kecerdasan otak ibu hamil dan juga janin sehingga semakin optimal sebab mengandung vitamin B3 dan B6.
  21. Mencegah Kanker Payudara. Untuk anda para wanita, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan payudara sehingga terhindar dari resiko kanker payudara. Salah satu cara mudah dan alami adalah dengan mengkonsumsi buah jambu air merah secara rutin sebab rendah akan lemak dan memiliki banyak vitamin baik yang akan membunuh sel penyebab kanker payudara.
  22. Menurunkan Kolesterol. Agar bisa terhindar dari penyakit kolesterol, maka konsumsi buah ini secara teratur yang sangat kaya akan vitamin C serta rendah lemak. Kandungan ini akan membuat tubuh jauh lebih sehat dan juga terhindar dari berbagai penyakit seperti salah satunya adalah kolesterol.
  23. Mencerahkan Kulit. Kandungan vitamin C yang ada pada jambu air merah juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah dan juga tubuh secara alami, khususnya bagi wanita yang selalu ingin mendapatkan tampilan kulit sempurna dan sehat. Jambu air ini tidak perlu ada kupas dan bisa dimakan langsung dengan kulitnya yang terlebih dahulu tentunya sudah dicuci dengan bersih. Dengan rasa segar yang bisa anda dapatkan dari buah jambu merah ini, maka sebaiknya anda lebih rajin untuk mengkonsumsinya sehingga bisa mendapatkan berbagai manfaat yang ada didalam buah ini.
  24. Mengatasi racun dalam tubuh. Buah jambu air ternyata juga mampu menjadi detoksifikasi yang efektif untuk mengatasi racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah jambu air setiap hari, tubuh Anda akan bisa lebih kuat untuk melawan racun penyebab penyakit.
  25. Menyehatkan Jantung. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi buah jambu air secara teratur adalah dapat membuat jantung Anda lebih sehat. Jantung yang sehat akan bekerja memompa darah lebih optimal, sehingga peredaran darah Anda juga lancar.
  26. Meningkatkan sistem imun tubuh. Senyawa gizi dalam buah jambu air adalah kumpulan senyawa yang membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan atau imun. Manfaat jambu air ini akan memberikan Anda kemampuan untuk menangkal berbagai macam penyakit, terutama yang menular seperti flu dan batuk.
  27. Menyehatkan tulang. Kalsium dalam buah jambu air adalah senyawa yang dibutuhkan tulang agar tetap kuat dan juga sehat. Dengan mengonsumsi buah ini setiap hari, tentunya tulang Anda akan lebih kuat dan juga sehat dibandingkan dengan sebelumnya.
  28. Anti oksidan. Vitamin C dan vitamin lainnya yang ada pada buah jambu air mampu menjadi anti oksidan yang alami. Anda tidak perlu khawatir akan penuaan dini ataupun kulit kering, karena khasiat jambu air untuk menangkal radikal bebas sudah terbukti.

Mulai sekarang ayo cintai buah dalam negeri, konsumsi jambu air yang banyak gizi dan vitaminnya. Karena dengan mengkonsumsi buah setiap hari pasti akan membuat badan kita semakin sehat. Cuma sayang memang kalau jambu air ini adanya biasanya musiman, tidak setiap waktu ada.


Demikian sekilas artikel tentang apa sih kandungan gizi dan vitamin serta manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh dan keindahan kulit, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. 



Terimakasih telah berkunjung ke Gerbangpertanian.com, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 comments:

Post a Comment